Photoshop Touch: Tutorial Cara Membuat Foto Menjadi Kartun Dengan PS Touch

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

       Hai, salam buat semuanya. Buat kalian semua yang lagi belajar edit foto, gw punya informasi nih, “Cara Membuat Foto Menjadi Kartun Dengan PS Touch”.

       Dulu gw bingung cara bikin gambar jadi kartun tu gimana, kok bisa gitu? Kebetulan gw cuman ada hp android. Jadi gw browsing di mbah google, gw dapet informasi kalo udah ada Photoshop buat android, gw juga masih belajar edit. Jadi sekarang udah ga repot buat edit foto, ga harus punya PC/laptop, tinggal modal hp android dan aplikasi PS touch udah bisa ngedit foto, dan ga kalah lengkap fiturnya.

       Oke, ga usah pake lama langsung aja ke materi. Siap buat ngedit!!!

       Ada syarat buat edit foto di android dengan ps touch, syaratnya kalian harus punya hp android dan aplikasi PS Touch…hhh!

image

       Tu gambar sebelum gw edit. Pertama buka PS Touch

image

       Sebelum lu edit tu gambar, harus inget resolusinya harus di gedein, dengan cara klik “&” terus pilih “image size”, tu biar pas di zoom ga pecah gambarya.

image

       Bikin layer kosong terlebih dahulu, lalu gunakan alat “polygon selection tool” untuk ngeblok suatu area kaya digambar. Jika ingin editan mirip dengan aslinya, kalian kalo ngeblok harus persis sama dengan aslinya. Biar lebih gampang, pake aja “show pointer” disamping “done”.

image

       Warnai area yang udah di blok dengan “paint tool”, atur warna sesuia warna kulit, emang awalnya di liat aneh, tapi lanjutin aja dulu. Jangan ampe lupa, ngewarnainya di layer lain.

image

       Seudah warna dasar muka udah, gw pake lagi polygon tool” buat ngeblok area mata.

image

       Lalu warnain lagi sesuai warna foto asli, tapi di lain layer.

image

       Kita buat putih matanya dulu, blok dulu lalu di warnai di layer bawah hitam mata. Saat gw buat putih matanya, kita lihat kalo putih mata keluar dari batasannya. Itu bukan masalah jika kita buat bukan di layer warna dasar muka.

image

       Kita balik ke layer wajah. Kita pilih “select pixels” disamping “done”.

image

image

       Kita balik lagi layer putih mata. Buat ngapus putih mata di luar area, kita pilih “extract” disamping “done” di layer putih mata.

image

       Dan lihat perbedaannya. Sekarang tinggal pinternya kalian gimana ngedit.

       Sekarang kita buat gimana caranya biar keliatan efek 3D. Untuk buat efek 3D, kita tau yang ngebuat efek 3D itu ukuran yang semakin jauh maka semakin kecil, dan juga warna gelap terang.

image

image

       Gw blok warna yang paling gelapnya dulu di layer paling atas, terus gw blok area yang ga terlalu gelap di layer bawahnya, bisa juga kalo dari warna gelap sedangnya dulu baru paling gelapnya. Sesuai enaknya kalian.

image

       Keliatan kan bedanya antara sebelum di kasih gelap terang ama yang udah.

image

       Lakuin hal yang sama pada setiap warna gelap terangnya.

image

       Buat kalian yang bingung tentang cara ngubah warna kulit di “paint tool”, kalian bisa atur di “HSB” di “color”.

image

image

       Sekarang kita ke bibir. Blok area bibir atas dulu dan kasih warna.

image

       Sama kaya bibir atas, bibir bawah juga di blok dan atur batas gelap terangnya.

image

       Sekarang kita ke bagian bawah wajah. Kaya yang tadi udah gw kasih tau, gw mulai dari warna terangnya dulu.

image

       Kurangin batas yang makin gelap.

image

       Kurangin lagi batas warna yang makin gelap.

image

       Kalo  lu rasa semua warna wajah udah selesai, kita satuin semua layer muka dengan cara yang dah gw tunjukin di gambar. Terus pilih “merge down“.

image

       Akhirnya kita dapetin di area wajah.

image

       Sekarang kita fokus ke area jilbab. Sama kaya awal, kita bikin layer kosong terlebih dahulu, lalu kita blok semua area jilbab. Dah tau kan alat yang dipake apa aja.

image

      Buat ngasih warna di area blok yang luas, kita ga usah repot pake “paint tool“, disini gw pake “fill & stroke” pada “&” dengan warna hitam.

image

       Maka hasilnya kaya pada gambar, sekali klik langsung ga ada area yang terlewat.

image

       Sekarang kita balik lagi ni maen “polygon tool“. Masih sama kaya tadi, blok setiap area yang pengin di kasih warna lebih terang.

image

       Seudah di blok kasih warna lebih terang, pastiin kalo kalian ngasih warna di layer lain. Buat apa, karna warna yang keluar area jilbab bisa di hapus dengan cara “extract” yang tadi udah di lakuin, jadi lebih gampang dan rapi. Sekalian kalo warna udah selesai, satuin semua layer jilbab  kaya cara tadi.

image

      Sekarang pindah lagi ke layer wajah. Kali ini gw bakal bikin garis tepi wajah dengan background foto aslinya. Cara kalian duplikat dulu layer wajahnya.

image

      Terus kalian blok cukup bagian yang dampingan langsung sama backgrounnya. Buat apa, baca terus biar entar tau…hhh

image

      Sekarang kita pake “glow” di “basic” pada “fx“. Atur sesuai kebutuhan, kalo gw sih blur nya cuman 0,5 tapi dua kali pengulangan.

image

       Kalo udah, kita pake alat lain ni, namanya “magic wand” yang simbol gambarnya kaya tongkat peri-hatin,…eee, maksudnya peri gigi.

image

image

       Seudah di blok, kita kasih warna hitam. Terserah pake cara yang mana. Kalo udah, kita ilangin bloknya pake “deselect“. Jadi deh, garis tepinya.

image

       Kebetulan yang gw edit ini lagi ultah, dan gw punya gambar tulisan happy b’day yang dah gw bikin dan formatnya png biar backgroundnya transparan, jadi gampang dipakenya. Kalo udah semuanya di save dah tu gambar, terus save jadiin gambar.
image

       Selesai deh, akhirnya kelar juga satu kerjaan yang bagus dan bisa gw share di blog pertama gw ni. Gw seneng kalo kita bisa berbagi informasi yang bermanfaat dan nambah wawasan kita semua. Buat kalian yang pengin ngasih saran atau kritik, kalian bisa komentar atau di facebook gw, nama gw Ray Agustio Ardi . Makasih buat kalian semua yang berkunjung, semoga gw bisa ngeposting yang lebih update..amin..

       Kalo ada salah gw minta maaf. Maklum masih belajar..:)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Iklan

2 thoughts on “Photoshop Touch: Tutorial Cara Membuat Foto Menjadi Kartun Dengan PS Touch”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s